Petualangan

Goa Jomblang dan Grubug

Goa Jomblang dan Grubug terletak di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 8 Km dari Wonosari. Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal persawahan dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan sekitar 2 km dari goa tersebut Goa jomblang grubug petualangan picmembuat tempat ini belum begitu banyak terjamah orang kecuali para Pencinta Alam yang melakukan penelusuran goa.

Goa Jomblang dan Grubug merupakan goa yang biasa di sebut luweng karena bentuknya yang seperti tungku. Jarak antara kedua mulut goa ini hanya sekitar 200 meter saja dengan kondisi terhubung pada bagian dalamnya (goa horisontal). Pada bagian bawah goa.mengalir sungai bawah tanah yang merupakan terusan dari sungai yang di jadik
Goa jomblang grubug petualangan pican objek Wisata Karst Kalisuci. Goa Jomblang memiliki karakteristik luas pada bagian mulut goanya yaitu dengan diameter sekitar 50 meter dengan sisi vertikal bervariasi antara 60- 80 meter. Pemandangan dari atas goa terlihat cukup menarik karena di sana terlihat seperti hutan bawah tanah karena memang bagian bawah Goa Jomblang ini cukup luas dan mendapat sinar matahari yang cukup sehingga banyak di tumbuhi pepohonan layaknya hutan yang lebat. Dari atas terlihat bebatuan karst yang menarik. Berbeda dengan Goa Jomblang yang memiliki mulut goa lebar, Goa Grubug memiliki mulut goa berbentuk lingkaran yang hanya berdiameter sekitar limgoa jomblang grubug petualangan pica meter dengan berbagai tumbuhan yang mengelilinginya. Konon bagian goa vertikal ini memiliki kedalaman 80 meter. Suasana Goa Grubug ini menjadi agak serem karena menurut cerita goa ini di jadikan sebagai lokasi eksekusi para korban keganasan G 30 S/PKI pada pahun 60an, di tambah lagi dengan suara gemuruh air yang mengalir di bagian bawah goa ini. Konon para korban G 30 S/PKI di suruh berdiri di tepi mulut goa ini untuk kemudian di eksekusi dengan cara di tembak.

Sampai saat ini saya sendiri baru sekedar mengunjungi tempat ini akan tetapi belum pernah masuk untuk melakukan penelusuran goa. Mungkin suatu saat nanti akupun akan berpetualang di goa jomblang ini.

18 comments:

zam said...

woh.. pernah denger soal goa vertikal ini.. tapi belom pernah nyoba.. :D

attayaya said...

link-nya udah ditambah bro. tengkyu ya.

posting tentang gili trawangan dong. bagus tuh. aku pernah snorkling disana

attayaya said...

datang ke tiga kalinya
hehehehehe

Blogger Addicter said...

syeremmmm goanya :D

seneng petualangan kayanya neh :D

nature of adventure said...

ya,mungkin untuk menuruni gua jomblang ini ada beberapa lintasan.Yang pertama mungkin untuk kelas extream,jd langsung dari intern gua setinggi sekitar 60m sedangkan yang satu yaitu untuk kelas pemula,jadi harus menuruni dulu dari intern gua terus disitu bisa digunakan untuk menuruni dengan SRT.Itu sekitar 17m kurang lebihnya.kemudian dari grubuk,jadi itu langsung turun mencapai bottom gua jomblang.mungkin itu yang aku tau..mungkin kalau ada yang salah!!!maapin ya...

Peacelover_04 said...

ok thank sharingnya.. salam kenal.

Anonymous said...

Klo menelusuri kai sucinya aku pernah, emang asik, tp klo gua jomlangnya belum pernah, Pengen banget kesana tapi kemarin baru mau kesana 2 org temenku yg melakukan surve ke sana mendapatkan kbr dr penduduk setempat bahwa gua tersebut banyak mengandung hal2 mistis, apa tempat itu cukub aman??

Peacelover_04 said...

Memang ada sih kl mitos2 dari penduduk sekitar. Akan tetapi jika kita melakukan ekspedisi dengan peralatan yang memenuhi standar safety maka tidak perlu khawatir. Sudah banyak kok yang melakukan penelusuran kesana. Bahkan kemarin juga diadakan upacara bendera di dalam goa saat perayaan HUT RI oleh para caver jogja.

Anonymous said...

ada goa yang lebig indah dan hangat ...di jogja
nama nya goa pasar kembang

Anonymous said...

eh mas salam kenal.,.,.,mau tanya nih.,.,klo mau masuk ke dalam goanya bawa alat sendiri apa ada yang nyewain.,.,thanks sebelumnya.,.,

unclejoa said...

minta info penginapan sekitar goa donk....thanks

simplyindonesia said...

ini goa keren masbro. ente musti nyobain. seinget ane sih ada beberapa rute penurunan goa. kalo ane pake yang 50meter mungkin ya, lupa. jadi 25 meter pertama (bisa tanpa tali tapi ga disarankan) kemiringan sekitar 80 derajat. dan 25 meter kedua kemiringan 90 derajat, dan pake SRT buat turunnya. didalemnya gimana? nah, ini yang ajib gan, keren banget dah pokoknya.
saran ane kalo agan jadi turunin tu goa, pastiin bawa tripod sama kamera, karna kondisi dibawah low light, jangan sampe kayak ane, nyesel gara2 males repot turun ga bawa tripod, akhirnya malah kecewa.
untuk masuk ke goa juga harus punya alat. kalo ente anggota mapala, bisa manfaatin skill ente. tapi kalo bukan ya musti pake operator, dulu ane dapet operator jangkrikan dapet 150an ribu perorang. tapi ga disarankan, karena nyawa urusannya. mending pake operator yang jelas2 aja. tapi emang mahal sih ini. info terakhir ane dapet (3 bulan lalu) sekitar 500rb perorang, tapi ga tau dia pake operator apa. solusi lebih murahnya lagi, cari temen anak PA yang biasa nurunin goa, dijamin lebih murah :D
penginapan disekitar goa ada, tapi ane lupa namanya. jaraknya cuma sekitar 50meteran dari goa. tapi untuk permalemnya ane ga tau musti bayar berapa.

air asia said...

dimana nih ?
penasaran pengen masuk kedalm nih

alex said...

Mantab bro, pertengahan juni kesana ah..

Rahmat Hadi said...

Akhir juni aku ke sana.ada yg tauk person yg bs dihubungi?

Rahmat Hadi said...

Akhir juni aku ke sana.ada yg tauk person yg bs dihubungi?

outbound malang said...

Nice post gan
salam kenal dari kami :)
kunjungi balik blog kami .Terima Kasih..

Pariwisata Indonesia said...

Goa Jomblang merupakan salah satu goa yang memiliki keindahan yang luar biasa. Butuh adrenalin yang besar untuk bisa menuruni dan menjelajahi goa tersebut. Terimakasih atas share artikelnya

Post a Comment